Minggu, 22 Mei 2011

Tips Sukses Menjadi Reseller Pulsa Elektrik

Menjadi Reseller Pulsa merupakan sebuah bisnis yang sangat sederhana (cukup dengan mengetik sms), mudah dijalankan dimana saja/tidak memerlukan tempat khusus selama anda punya HP dimanapun anda berada pasti bisa menjalankan bisnis ini (di rumah, kantor, sekolah, kampus, maupun di pasar sekalipun), murah (modal yang relatif kecil), 100% tanpa resiko (dipakai sendiri maupun dijual lagi sama-sama menguntungkan). Jadi sekalipun anda tidak menjual pulsa anda akan tetap mendapatkan untung yaitu, anda tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah jika akan membeli pulsa, selama saldo deposit anda mencukupi di manapun dan kapanpun anda bisa mengisi pulsa anda sendiri dengan harga yang jauh lebih murah.

Transaksi jual beli pulsa merupakan arus perputaran uang yang sangat cepat setiap harinya, hal ini dikarenakan pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi bagi para pengguna HP (Handphone). Kendala utama yang paling umum di hadapi sebagai reseller pulsa adalah, adanya konsumen yang mengutang pulsa anda. Sekecil apapun nilainya tentu saja akan berdampak buruk bagi usaha anda. Karena perputaran uang dalam bisnis ini sangatlah cepat, jika ada konsumen yang berhutang akan sangat mempengaruhi perputaran modal yang tentu saja akan mempengaruhi keuntungan anda terutama bagi reseller yang mempunyai modal kecil.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa kunci keberhasilan usaha yang menitik beratkan pada penjualan suatu produk adalah cepatnya perputaran modal, yaitu ketika barang modal habis dalam hal ini adalah jika deposit pulsa yang anda akan jual sudah habis/stoknya menipis, maka anda diharuskan dengan segera melakukan pengisian deposit kembali untuk memenuhi kebutuhan pulsa konsumen yang sudah menjadi pelanggan-pelanggan setia anda. Semakin cepat perputaran modalnya maka akan semakin cepat berkembang pula usahanya. Oleh karena itu kami berharap tips-tips berikut bisa bermanfaat bagi anda yang ingin menekuni bisnis ini.

Tips Menjadi Reseller :
  1. Gunakan SIM Card GSM/CDMA yang memiliki sinyal paling kuat di daerah anda sebagai nomor transaksi pulsa anda (No. HP yang anda daftarkan), yang akan berpengaruh pada kelancaran dan kecepatan transaksi. Atau bagi yang punya koneksi internet gunakan fasilitas YM karena gratis dan transaksinya lebih cepat.
  2. Banyak tersedianya Center Transaksi (SMS dan YM Center) yang dimiliki Gold Pulsa merupakan usaha kami dalam memberikan fasilitas kepada para reseller kami, untuk menjamin  kelancaran dan kecepatan transaksi pulsa yang anda lakukan kepada konsumen. Jika salah satu center transaksi yang anda gunakan transaksinya sedang padat, maka gunakan center transaksi yang lain sehingga transaksi anda akan terjaga kelancaran dan kecepatannya.
  3. Untuk mengurangi biaya pengiriman sms manfaatkan tarif sms murah dari masing-masing operator misalnya seperti paket SMS 8 ribu dari IM3 Rp.40,-/sms (masa aktif 7 hari). 
  4. Jangan anggap remeh jika ada konsumen yang membeli pulsa dengan nominal yang kecil, karena transaksi pulsa dengan nominal kecil lebih menguntungkan. 
  5. Perhatikan sisa saldo deposit pulsa anda sehabis melakukan transaksi untuk mengetahui stok pulsa yang masih ada. Dan segeralah melakukan pengisian deposit jika stok anda sudah menipis. Usahakan untuk melakukan pengisian deposit untuk stok beberapa hari ke depan misalnya, deposit untuk stok pulsa 1 minggu, agar anda tidak sering bolak-balik ke Bank atau ATM (Manfaatkan layanan SMS Banking/Internet Banking).
  6. Sebisa mungkin hindari pelanggan yang berhutang karena akan mengganggu perputaran modal, apalagi jika modal anda sedikit.
  7. Buat pembukuan sederhana untuk mencatat transaksi dan perputaran modal. Ini penting sebagai data acuan berapa keuntungan anda dan menjaga ketersediaan stok deposit pulsa anda.
  8. Pisahkan uang penjualan pulsa dengan uang pribadi agar modal tidak dipakai dan habis untuk keperluan pribadi, jika perlu sediakan tempat khusus (laci/kaleng) untuk menaruh uang  hasil penjualan pulsa anda.
  9. Manfaatkan setiap peluang yang ada, karena modal utama bisnis ini adalah HP, SMS, dan stok deposit maka akan lebih fleksibel bagi anda untuk membawanya kemanapun anda pergi, jika ada orang yang butuh pulsa anda tinggal menjualnya saja. Dimanapun anda berada, di rumah, kantor, sekolah, kampus, sehingga bisnis ini sangat cocok sebagai usaha sampingan selain pekerjaan/profesi anda yang lain.
  10. Buat diskon-diskon khusus untuk menjaring konsumen yang akan menjadi pelanggan setia anda, misalnya : memberikan potongan Rp. 1.000,- untuk konsumen yang sudah membeli pulsa anda 5 sebanyak kali, caranya yaitu dengan membuat kupon yang di berikan kepada pelanggan setiap kali mereka membeli pulsa, dan jika sudah terkumpul 5 kupon bisa ditukarkan untuk mendapatkan potongan harga pulsa sebesar Rp. 1.000,- dengan sistem subsidi silang maka hitungannya anda tetap tidak akan rugi. Dan kami sendiri sudah menerapkan sistem ini di cabang-cabang counter pulsa kami dan hasilnya benar-benar sangat efektif untuk memikat hati konsumen untuk terus berlangganan pulsa elektrik ditempat kami.
Semoga tips-tips yang kami berikan kepada anda yang bersumber dari sebagian pengalaman kami selama menekuni bisnis sebagai distributor sekaligus reseller pulsa elektrik ini dapat bermanfaat bagi anda.